Senin, 12 Februari 2018

Simak 5 Tips Mencegah Kebakaran Akibat Konsleting Listrik

Ketika melihat berita tentang kebakaran akhir-akhir ini, cukup banyak yang disebabkan oleh konsleting listrik. Hubungan arus pendek ini memang mampu membuat kebakaran yang biasanya terjadi di perumahan dan kantor.

Ada beberapa cara untuk mencegah kebakaran yang diakibatkan oleh konsleting listrik. Apa saja caranya? Simak di bawah ini

Menggunakan peralatan listrik yang berkualitas
Gunakan kabel, saklar, dan steker yang sudah terjamin kualitasnya. Pastikan pula jenis dan ukuran kabelnya sesuai dengan kapasitas hantar arusnya. Jangan sampai ada perbedaan jenis yang akan memicu konsleting

Memeriksa peralatan listrik rutin
Periksa material listrik secara berkala untuk mengetahui bila terjadi kerusakan di kabel atau peralatan listrik. Misalnya kabel yang terkelupas hingga mengeluarkan kawat berserabut. Sebaiknya gantilah seluruh jalur instalasi tiap lima tahun sekali.

Jangan menumpuk steker pada satu tempat
Hindari penumpukan steker atau colokan yang terlalu banyak pada satu tempat. Hal ini dapat membuat panas bertumpuk dan akhirnya bisa mengakibatkan konsleting listrik.

Rawat panel listrik
Mungkin ini jarang terpikirkan oleh Anda. Memang konsleting biasanya terjadi di peralatan listrik, namun jika panel listriknya rusak, Anda harus segera memperbaikinya. Bawalah ke service panel listrik yang terpercaya dan menyediakan layanan service panel listrik 24 jam agar aman dan Anda dapat menggunakannya kembali.

Matikan listrik jika terjadi konsleting

Matikan listrik dari kWh meter jika terjadi konsleting listrik. Biasanya itu karena MCB yang tidak berfungsi dengan baik. Jika masih ada arus listrik, jangan pernah menyiram sumber kebakaran dengan air.

dry bag

Tidak ada komentar:

Posting Komentar