Kamis, 08 Februari 2018

Ketahui Penyebab Overspeed pada Mesin Genset

Alasan orang membawa genset ke tempat service genset 24 jam atau memanggil tukang service genset bisa bermacam-macam. Mulai dari genset yang mati mendadak, degradasi solar, hingga mesin overspeed. Overspeed?

Yup, mesin genset memang dapat overspeed oleh beberapa sebab. Overspeed sendiri adalah kondisi dimana putaran mesin mengalami peningkatan lebih dari yang seharusnya. Gejala ini terjadi ketika Anda mendengar nada suara mesin atau frekuensi suaranya terus naik. Mesin pun seperti liar dan tak terkendali.

Dalam putaran yang sangat tinggi, komponen di dalam mesin mengalami tekanan yang luar biasa hingga rusak seperti patah atau pecah. Betapa mengerikannya jika komponen tersebut bergerak dalam kecepatan tinggi lalu tiba-tiba patah atau pecah. Pecahan komponen tersebut akan segera terlempar dengan kecepatan yang cukup tinggi, lalu menghantam komponen lain dan dapat menghancurkannya.

Ada penyebab terjadinya overspeed yang paling umum, yaitu gangguan pada sistem injeksi BBM. Akibat dari gangguan tersebut kurang lebih sama dengan gangguan yang terjadi di pedal gas mobil. Ibaratnya seperti pedal gas mobil yang sudah terlanjur terinjak dalam, lalu tiba-tiba macet dan tidak bisa kembali ke posisi awal. Laju putaran mesin pun akan menjadi tak terkendali.


Sistem injeksi BBM ini dapat terganggu karena mekanisme yang sudah aus. Penyebab lainnya karena BBM yang tercampur air atau kotor. Air dan kotoran di dalam BBM dapat berpotensi menimbulkan karat pada sistem injeksi. Akibatnya mesin akan macet dan jumlah BBM yang diinjeksikan ke ruang bakar menjadi tidak terkendali.

dry bag

Tidak ada komentar:

Posting Komentar