Senin, 19 Maret 2018

Lower Layer OSI

Sebagai pengguna langganan wifi di rumah anda mungkin sudah mengetahui fungsi wifi tetapi apakah anda tidak penasaran bagaimana wifi rumah anda bisa mengirim dan menerima informasi. Ada standar yang digunakan untuk komunikasi jaringan biasa dikenal dengan OSI layer. OSI layer mempunyai 7 lapisan yang dibagi dua yaitu upper layer dan lower layer. Dimana upper layer terdiri dari application, presentation, dan session. Lower layer terdiri dari transport, network, data link dan physical. Pada artikel ini akan dibahas 2 lower layer yaitu network, data link , dan physical.
        Network Layer
Network layer berfungsi untuk mendefinisikan alamat ip, dan membuat header untuk paket tersebut. Pada network layer juga melakukan routing dengan menggunakan router dan switch layer 3. Protokol yang berkerja pada network ini adalah IP (Internetworking Protocol) dan ARP(Address  Resolution Protocol)
        Data Link
Data link berfungsi merubah bit – bit data dan diubah menjadi frame. Pada layer ini juga melakukan koreksi kesalahan, flow control dan pengalamatan perangkat keras yang biasa disebut dengan  MAC address (Media Access Control Address).
        Physical Layer
Layer ini berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi apa yang digunakan, dan metode pensinyalan. Level ini mendefinisikan NIC ( Network Interface Card) . Tidak ada protocol spesifik yang bekerja di layer ini .

waterproof bag


Tidak ada komentar:

Posting Komentar